Kamis, 05 Juli 2012

Cara Membuat Blog di Wordpress

Wordpress merupakan salah satu layanan penyedia blog gratis yang terkenal dan banyak digunakan. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas bagaimana cara membuat blog di wordpress. Klik disini untuk membaca artikel bagaimana cara membuat blog di blogspot.

Sebelum langsung membuat blog Anda sudah harus memiliki sebuah email yang digunakan saat sebagai syarat untuk pendaftaran.
Berikut ini adalah langkah-langkah membuat blog di wordpress :
  1. Klik http://id.wordpress.com
  2. Klik Daftar Sekarang, lalu akan tampil form yang harus dilengkapi seperti : alamat blog, nama pengguna, kata sandi, email, dsb
  3. Sebelum mengisi form, perhatikan bahwa setiap isian yang benar akan ditandai dengan tanda ceklist warna hijau pada sisi kanan isian form, dan jika isian sudah ada atau salah akan ditandai dengan tanda silang (x) warna merah pada sisi kanan.
  4. Alamat Blog : maksudnya adalah URL blog anda nantinya (contoh: mrazizazziizt.wordpress.com), Anda bisa mengubah alamat blog ini dikemudian hari. Jika, ada tawaran untuk membeli domain, pilih saja No, thanks...
  5. Nama Pengguna : Nama sebagai penulis yang akan ditampilkan pada setiap postingan/artikel pada blog 
  6. Kata Sandi : password yang digunakan untuk masuk ke menu blog wordpress; ketikkan password yang sama pada bagian Konfirmasi.
  7. Email Address : isikan alamat email Anda
  8. Bahasa Tulisan Blog : pilih saja Bahasa Indonesia.
  9. Perhatikan kembali apakah sudah benar semua, jika sudah klik tombol Sign Up --> untuk melanjutkan. Sebuah email akan dikirimkan ke inbox email Anda.
  10. Lengkapi form yang ditampilkan, seperti Nama Depan, Nama Belakang dan Tentang Anda, lalu tekan tombol Simpan Profil.

Langkah selanjutnya Anda perlu untuk melakukan konfirmasi tentang pendaftaran blog wordpress ini, caranya :
  1. Buka email, lihat di inbox email tentang aktivasi blog wordpress, kira-kira gambarnya seperti ini:
  2. Cari link seperti yang ditandai panah warna merah pada gambar diatas, lalu klik link tersebut dan akan secara otomatis membuka halaman dasbor wordpress. Terlihat seperti gambar dibawah ini.
  3. Jika sudah melihat seperti tampilan diatas, saya ucapkan Selamat, itu artinya blog wordpress gratisan sudah berhasil dibuat.
Okey, artikel cara mendaftar blog di wordpress ini saya akhiri sampai disini. Untuk cara menggunakan blog wordpress ini akan saya tuliskan pada postingan berikutnya. Tunggu saja tanggal mainnya.

Untuk saran dan kritik bisa dituangkan pada bagian komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar