Rabu, 27 Juni 2012

Pengertian Prosesor – Jenis Prosesor – Tips Memilih Prosesor Notebook


pengertian prosesorBagi kamu yang ingin membeli sebuah notebook tapi masih bingung ingin membeli notebook yang ditenagai dengan prosesor apa, di bawah ini saya sajikan tips memilih prosesor pada notebook  mulai dari pengertian prosesor, jenis jenis prosesor yang sesuai dengan kebutuhan komputasi kamu.
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari notebook anda. Ini adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan Anda untuk memulai menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda. Prosesor datang dalam tiga jenis: single core, dual-core, dan quad-core. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika mengevaluasi CPU notebook.



Clockspeed
Semua CPU ditugaskan clock speed dalam megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz), Namun yang lebih sering dijumpai pada komputer modern saat ini adalah yang gigahertz (GHz). Umumnya, semakin cepat clock speed, kinerja baik Anda akan melihat.

Jumlah Cores
Single-core, seperti namanya adalah sebuah CPU tunggal. Dengan demikian, itu tidak sekuat prosesor multicore. Dual-core level di atas CPU tunggal, Dual core adalah menggabungkan dua prosesor independen ke salah satu chipset fisik untuk memberikan kekuatan pemrosesan lebih kuat. Quad-core, level di atas Dual Core, Quad Core menggabungkan empat prosesor dalam satu paket.

CPU untuk Netbook

Dirancang untuk netbook dan nettop, Intel Atom prosesor dirancang untuk keperluan komputasi ringan, seperti web surfing, memeriksa e-mail, dan instant messaging. Atom saat ini tersedia dalam ukuran 2.0-GHz 800 MHz, Sangat disarankan untuk menghidari yang kurang dari 1,6 GHz, atau kecuali jika kamu suka bersabar menunggu,
Meskipun jarang terjadi dibandingkan dengan Intel, CPU Via Nano juga merupakan pilihan yang baik. Muncul dalam ranger yang lebih luas dari kecepatan clock (1,0 GHz sampai 1,8 GHz),
Selain itu, 1,6-GHz AMD Athlon CPU Neo juga tersedia di laptop ultrathin. kinerja baru yang baik, tetapi daya tahan baterai tidak sekuat apa yang akan anda dapatkan dari chip Intel.

Ultrathin Notebook
Kelas baru ultrathin, Notebook murah yang didukung oleh platform Intel ULV (Ultra-Low Voltage) . CPU kelas ini meliputi prosesor dari Celeron, Core 2 Solo, dan merek Pentium. Chipset mengkhususkan diri dalam memberikan baterai yang tahan lama, misalahnya daya tahan baterai laptop Acer Aspire ULV bertenaga Timeline 3810T (6415) berlangsung lebih dari 8 jam. CPU ini dengan kecepatan clock mulai dari 800 MHz sampai 1,4 GHz.
Jika Anda membutuhkan kinerja yang lebih, dapat pertimbangkan laptop ultraportable dengan prosesor tegangan rendah Core 2 Duo, seperti Toshiba Portege R600-ST520W atau Lenovo ThinkPad X301. Namun harganya lebih mahal.

Mainstream Notebook
Jika Anda ingin notebook dengan kekuatan pemrosesan lebih lanjut, notebook mainstream adalah pilihannya, karena mereka memiliki anggota yang lebih tinggi akhir ini keluarga Intel Core 2 Duo. Namun kamu tidak akan menjumpai notebook dengan tubuh tipis seperi laptop bertenaga ULV , Anda masih akan dapat bermain game dan berkecimpung dalam pembuatan konten multimedia. bahkan mungkin bisa mendapatkan laptop dengan baterai yang tahan lama. Untuk mainstream notebook kamu bisa memilih Mac atau notebook yang berjalan pada 2.0 GHz. Jika pekerjaan komputasi anda ekstra tinggi, disarankan untuk memilih clock speed minimal 2.4 GHz. pemburu Laptop pada anggaran yang hemat bisa memeriksa penawaran AMD (Athlon, Sempron, dan Turion), yang biasanya lebih murah dari pada Intel. Intel Pentium dual-core juga bisa diterima untuk anggaran rendah.

Pengganti desktop
Jika Anda seorang penggemar game berat, atau seseorang yang melakukan banyak pekerjaan menuntut (CAD, desain grafis profesional, editing video, dll) dan lebih peduli tentang kinerja dari pada portabilitas, puas dengan ukuran notebook yang besar dengan prosesor Intel Core 2 Quad CPU. Notebook seperti ini akan memungkinan memiliki daya tahan baterai kurang dari 2 jam, dengan berat lebih dari 8 pound, dan biaya lebih dari $ 1.500, memang mahal tapi jika kecepatan yang kamu utamakan, itu juga sebanding dengan harganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar