Kamis, 21 Juni 2012

Tips Menghemat Baterai Notebook/Laptop/Netbook

Pertanyaan semacam ini setidaknya pernah kita jumpai, kalau sedang memakai Notebook dengan kondisi baterai dan adaptor terpasang, “sebaiknya dilepas atau dipasang baterai notebook nya?” Pertanyaan ini sering saya jumpai, bahkan sering, terutama bagi yang sedang memiliki laptop baru, dengan alasan untuk menghemat baterai notebook.
Baterai Notebook, Laptop, dan Netbook
Baterai Notebook, Laptop, dan Netbook
Sebelum menjawab pertanyaan tips menghemat baterai notebook/netbook/laptop diatas, pertama mari kita bahas dulu jenis baterai Notebook. Saat ini sebagian besar notebook yang beredar menggunakan baterai lithium ion yang lebih ringan dibandingkan dengan baterai notebook NiCD. Kelebihan baterai notebook Lithium Ion dibandingkan jenis lainnya adalah ratio energi dibanding berat yang baik, tidak memiliki sifat lazy battery sehingga tak perlu dikosongi sebelum dicharge, kerapatan energi baterai Li-Ion mampu menyimpan energi 3x lebih banyak dibandingkan dengan baterai notebook NiCD, dsb. Akan tetapi, yang perlu diingat dalam menghemat baterai notebook, baterai notebook lithium ion tidak dapat disimpan dalam waktu lama tanpa dipakai sama sekali. Baterai ini akan rusak karena senyawa baterai akan mengering.

Tips Menghemat Baterai Notebook, Laptop, dan Netbook

Lalu bagaimana jawaban pertanyaan diatas? Sepertinya Anda tidak perlu takut baterai notebook Anda akan rusak karena adaptor terus menerus terpasang. Adaptor yang diberikan pada paket penjualan akan memutuskan arus listrik bila baterai telah penuh. Jadi, Anda tidak perlu takut baterai akan over-charge. Tapi ada baiknya ketika sedang dalam proses charging, jangan bebani baterai notebook Anda dengan pekerjaan yang berat, misal menyetel film, rendering video, main game, dll.
Anda biasakan dua atau tiga hari sekali menghabiskan daya baterai notebook dengan cara menggunakan daya baterai saja saat digunakan dan bila warning low baterai muncul, Anda tinggal memasang adaptor kembali. Selain itu menggunakan baterai notebook hanya hingga tersisa 20% atau 30% dari kapasitas baterai sebelum melakukan recharging, dapat meningkatkan umur baterai notebook tersebut. Kemudian untuk menghindari pembacaan yang salah, lakukan full charge-discharge setiap 30 proses charging baterai notebook.
Cara Jitu Menghemat Baterai Notebook
Cara Jitu Menghemat Baterai Notebook
Satu hal yang perlu diingat, secanggih apapun ciptaan didunia ini tak ada yang abadi , baterai juga mempunyai masa pakai, sehingga akan terjadi penurunan daya baterai notebook sedikit demi sedikit seiring dengan berjalannya waktu. Tapi setidaknya dengan tips diatas kita masih bisa menghemat daya baterai agar tidak cepat soak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar